Cara Menjaga Kolesterol Tetap Normal

Cara menjaga agar kolesterol tetap normal sangat disarankan oleh pakar kesehatan karena dengan menjaganya maka tubuh akan sehat. Selain memahami mengenai kolesterol itu sendiri, membuatnya tetap normal adalah salah satu cara agar dapat menstabilkan kolesterol.

Cholesterol pada tubuh diangkut oleh 2 jenis lipoprotein, yakni HDL (high density lipoprotein) serta LDL (low density lipoprotein). HDL ialah cholesterol baik yang membawa cholesterol dari badan ke hati untuk dieliminasi oleh badan. Sedang LDL ialah cholesterol jahat yang bisa mengakibatkan penimbunan cholesterol di pembuluh darah Kamu.

Penimbunan cholesterol di pembuluh darah itu bisa mengakibatkan beberapa penyakit, yang dapat menyebabkan fatal buat badan, misalnya serangan jantung serta stroke.

Cholesterol tinggi memang umumnya tidak memberi sinyal serta tanda-tanda apa pun, akan tetapi bisa didapati lewat tes darah. Sinyal serta tanda-tanda umumnya muncul saat cholesterol tinggi telah memunculkan penyakit pada badan. Pada step kontrol bisa jadi cholesterol telah mengakibatkan penyakit yang cukuplah kronis.

Peluang seorang mempunyai cholesterol tinggi ikut di pengaruhi oleh kisah keluarga. Bila orangtua Kamu mempunyai cholesterol tinggi, Kamu mempunyai peluang 2x semakin besar untuk menanggung derita cholesterol tinggi juga.

Panduan terlepas dari cholesterol tinggi

Cholesterol tinggi umumnya di pengaruhi oleh aspek pola hidup. Biasanya konsumsi makanan yang berkolesterol tinggi misalnya daging merah, makanan laut serta produk susu serta jarang olahraga, akan mengakibatkan tingginya cholesterol jahat serta rendahnya cholesterol baik.

Berikut beberapa kiat untuk mengawasi kandungan cholesterol pada tubuh masih normal:

a. Konsumsi makanan yang sehat untuk jantung

Makanan yang sehat untuk jantung serta baik untuk cholesterol Kamu termasuk juga makanan rendah lemak (susu skim atau fat free), buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, serta gandum. Pakai ikut minyak yang lebih sehat misalnya minyak sayuran untuk memasak.

Dari pandangan pakar gizi, langkah untuk mengawasi kandungan cholesterol ialah kurangi konsumsi lemak jemu serta trans. Referensi dari American Heart Association ialah batasi konsumsi lemak jemu 5 sampai 6 % dari kalori keseharian serta meminimalisir jumlahnya lemak trans.

Kurangi konsumsi ke-2 lemak itu yaitu dengan batasi konsumsi daging merah, produk susu (susu full krim, keju, mentega, cream, serta yoghurt), makanan gorengan serta makanan kudapan misalnya kue, serta biskuit.

b. Pola hidup lebih aktif

Pola hidup yang tidak sehat akan kurangi kandungan cholesterol baik HDL Kamu. Hingga lebih dikit cholesterol baik untuk singkirkan cholesterol jahat dari pembuluh darah. Kegiatan fisik atau berolahraga sangat terpenting untuk mengawasi cholesterol Kamu masih normal.

Lakukan berolahraga aerobik dengan intensitas tengah sampai tinggi saat 40 menit dalam 3-4 kali satu minggu. Rutinitas baik ini bisa mengawasi kandungan cholesterol Kamu masih normal. Berolahraga yang dapat Kamu pilih diantaranya jalan cepat, berenang, bersepeda atau kelas dansa.

c. Turunkan berat tubuh

Berat tubuh terlalu berlebih serta obesitas lebih gampang mempunyai cholesterol jahat yang tinggi serta cholesterol baik yang rendah. Turunkan berat tubuh bisa mengawasi kandungan cholesterol badan. Cukup dengan turunkan berat tubuh sekitar 10% bisa turunkan resiko cholesterol tinggi.

d. Berhenti merokok

Merokok bisa turunkan kandungan cholesterol baik. Dengan merokok, resiko untuk mempunyai penyakit jantung koroner tambah tinggi pada pasien cholesterol tinggi. Merokok ikut tingkatkan resiko penyakit lainnya misalnya desakan darah tinggi serta diabetes. Berhenti merokok bisa turunkan kandungan cholesterol serta mengawasi pembuluh darah badan.

Dengan pola hidup sehat misalnya diatas, Kamu bisa mengawasi kandungan cholesterol badan supaya masih di batas normal. Jadi, cintai badan Kamu dengan mengaplikasikan pola hidup sehat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara meredam keinginan seks yang memuncak

Bahayakah Penyakit Ginjal Dibiarkan?